Seminar Online Penulisan Artikel Ilmiah Di Jurnal Internasional Bereputasi

Senin kemarin Gugus Kerjasama, Publikasi, dan Internasionalisasi (KPI) Pascasarjana Unesa menyelenggarakan seminar online dengan tema Penulisan Artikel Ilmiah di Jurnal Internasional Bereputasi. Kegiatan ini melanjutkan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Gugus KPI, hanya saja karena saat ini masih dalam masa darurat Covid-19 maka dilaksanakan dengan format yang sedikit berbeda, yaitu dengan seminar online berbasis audio visual dan teks.

Tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk memberikan penyegaran informasi terkini tentang penulisan artikel di jurnal internasional bereputasi dan mendiskusikan beberapa langkah kongkret yang bisa dilakukan oleh para mahasiswa agar bisa menunaikan salah satu persyaratan kelulusannya. Gugus KPI akan selalu berupaya memberi informasi terkini dan memberikan dukungan pada setiap mahasiswa yang membutuhkan bantuan terkait penulisan artikel tersebut.

Seminar online ini berlangsung sekitar dua jam lebih, mulai dari jam 10.00 sampai 12.15 WIB. Ketua Gugus KPI Slamet Setiawan, M.A., Ph.D. membuka sekaligus memantau kegiatan ini secara langsung. Sebagai pemateri pada sesi ini adalah Utama Alan Deta, S.Pd., M.Pd., M.Si. Dr. Binar Kurnia Prahani, M.Pd. yang dimoderatori oleh Sueb, S.Pd., M.Pd.

Ternyata sistem online mengandung fitur-fitur penting yang tidak ada dalam pertemuan tatap muka selain fitur fleksibilitas jarak dan ruang. Misalnya setiap peserta dapat dengan bebas bertanya sewaktu-waktu walaupun presenter sedang menjelaskan, peserta bisa memanfaatkan ruang perpesanan tertulis yang akan direspon langsung oleh moderator. Dengan demikian peserta tidak akan kehilangan momen-momen penting. Seluruh sesi juga bisa direkam langsung oleh sistem sehingga bisa dilihat kembali oleh peserta atau siapapun yang ingin memanfaatkan rekaman ini. Video rekaman kami lampirkan di bagian bawah tulisan ini. Seluruh materi dan bahan diskusi bisa diunduh DI SINI. Terimakasih kepada seluruh tim produksi dan para peserta yang telah meluangkan waktunya.